March 21, 2018

HEY, PUTRI IS BACK!!

HELLO 2018!
Finally! After a few months (omg) I didn't touch this cutie space. I know that you guys think it's lilbit late to say hello 2018 on March lol. I have done many things and focuss with my life and career. Sounds "lebay" but that was the reality, IT WAS.

So.. here PUTRI IS BACK! First, I want to say thanks to Blog. I had time to read all of my texts one by one on this cutie space that I posted in the past. How surprisingly I am! tht all this time I had wrote many things about me. Feel so fun to read them. My confessions, creations, motivations.. they were surprised me! According to me blog is place to express myself, discover myself, and bond over the stuff that I love. It feels like I have e-dairy. ahahaa

I realized that me isn't little Putri anymore. I had a lot of things in my life. Some surprised me and the rest has taught me. Process being an adult is fun so far (sounds fun but it’s not easy). I should thanks to all of my problems. They taught me how to survive and keep alive. I faced problem as the relation between human will and reality, when human will and reality do not coincide you gotta admit it. Problems teach me how to let go and many things! There will be comes a time when  you follow your logic, instinct, and mostly… your heart. You don’t know whether it’s right or wrong. You made mistakes. You fall but then stand again. You failed and try again. So fun right ?!

......

It’s been a tough year yesterday. But, it made me who I am right now.  Being liked or disliked, broken hearted or in love, crying or laughing, lack of sleep or full of joy. It’s been a surprising year of 2017. You’re being disliked for what you’ve done, that you think it’s right. But, for some people, there’s always bad things on you. For some people, there’s always something bad to whisper about you. For some lame people. It’s okay. That’s life. They surely have a reason why they did it. Just keep it that way. It teached me somehow, to keep being good. Some lame people, they’re just have so many things to whisper, only bad things and never trying to look on good things. It’s okay, we have to admit it. Because, they’re just lame people. Lame people will always be lame. But, i believe, they will change at least trying to look on someone in 2 difference sight.
You lost someone then you met another one. You lost someone that you never think will give up on you. But, they did. Then you must did it too. It’s okay. That’s the way it used to be. You don’t believe to commit or being in a relationship again. Until you met someone new. Who brave enough to get closer to you and don’t give up even there’s too much… Differences. And you give a chance to love again. You started to risk it all. You can only give what you’ve got to give. And it’s not enough, then you must continue to live. Life will go on and broken heart will heal. Throw your heart into life and never stall. For the greatest risk is to risk nothing at all. Always remember that bein' in love or beloved are the sweetest things in this world. You must not want to miss it.
You have dreams. Something that make you feel alive. Make you have reasons to live. For me, first it’s being a scientist (forensic chemistrian). But HEEY HELL YAAHH AF.. who knows and believe that now I am being a banker! hahahah Yeah, That's life. Sometimes can be running smoothly but sometimes also can be so unpredictable.
However, It’s not that easy being a banker in one of the best rural Bank in Indonesia (BPR Lestari). To be an employe and join to work here isn't easy too. We have to be granted in many steps and pass their own standard. Lucky me that they gave me an opportunity! I had been working here for 1 year and I taught so many things. A lot of preasures, sacrifices, physically or mentally. I should to face the target in every months. But, I love it. It's challenging me! I keep trying to do my best for my team and customers. Of course.. I have to! and I’ll work my ass on it ahahaa LOL Well, i wish everything will be better and better. That all of our sacrifice will worth it someday. Of course it will. I just believe it cause we’re doing something good with our profesionalism.  

Life is life. It takes you up and down. And you have to keep move on. Just keep dreaming and keep trying to make it comes true. I got lists too and absolutely i will work my ass hard to make it all comes true. I love you! And thanks for reading my blog. You like or not, it’s your choice. If you like it, hey thanks. But if you’re not, well that’s your problem, dude. Ahahaa.

Have a goooood good life out there!
Happy New Year 2018! ❤️

January 16, 2017

confession

Kita seringkali mendambakan dan menginginkan sosok sempurna untuk dijadikan pasangan hidup. Memimpikan seseorang yang benar-benar sesuai dengan kriteria dan harapan kita. Cuma kadang kita lupa untuk berkaca. Berkaca apakah kita juga layak dan sudah pantas untuk mendapatkan sosok yang sempurna itu?
Ibaratnya kita ingin mendapatkan pemandangan sinar matahari terbit terbaik di puncak gunung tapi kita tak mau capek-capek mendaki gunung tersebut. Hasilnya? Ya, kita tak akan mendapatkan keindahan seperti yang kita dambakan. Kalau ingin yang terbaik, kita juga harus mengusahakan yang terbaik. Untuk bisa pantas dengan sosok yang sempurna di mata kita, rasanya kita juga perlu memantaskan diri jauh lebih baik pula. Kita tak hidup di negeri dongeng. Kita juga tak tinggal di dunia drama atau sinetron. Kita ada di dunia nyata. Di dunia nyata tak ada yang benar-benar sempurna. Segala sesuatu ada kelebihan dan kekurangannya. Pada dasarnya yang baik akan mendapatkan yang baik. Yang mau mengusahakan yang terbaik juga akan menerima sesuatu yang diusahakan dengan baik..

October 24, 2016

Suhu permukaan bumi semakin panas? Temukan penyebabnya disini

Akhir2 ini sering banget ga sih denger isu2 yg membicarakan tentang perubahan iklim, yang katanya lambat laun bakal mengancam keselamatan bumi beserta isinya. Seseraam itu! Kebanyakan dari kita pastinya uda pada tahu dong ya bahwa kian hari bumi kita semakin panas? Tetapi apakah kalian sesungguhnya benar-benar mengetahui penyebab atau dampaknya? Sebenarnya perubahan iklim itu apa sih?

Biar aku jelasin sedikit yah... Perubahan iklim merupakan suatu fenomena terjadinya perubahan terhadap beberapa hal seperti: terjadinya perubahan suhu di permukaan bumi yang drastis, curah hujan, dan prubahan terhadap pola angin yang terjadi secara signifikan dalam periode waktu tertentu. Sebenernya penyebab terjadinya perubahan iklim apa sih? Bisa terjadi karena 2 faktor, yaitu: secara alami dan akibat adanya ulah/ aktivitas manusia. Kalo secara alami bisa bersumber dari adanya peristiwa erupsi, sedangkan akibat aktivitas manusia bisa berasal dari pembakaran sampah yg dilakukan secara terbuka, penggunaan barang berbasis bahan kimia seperti plastik, asap2 kendaraan bermotor, asap2 pabrik, limbah industri, penggunaan barang2 elektronik, spray, dan masih banyak lagi aktivitas2 manusia yg lainnya. Banyak banget yaahh! hahaha klo bsa diskalakan terjadinya perubahan iklim secara alamiah dan aktivitas manusia 1:1000. Jadi, bisa dibilang fenomena perubahan iklim yg terjadi di permukaan bumi ini tanpa disadari sebagian besar bersumber dari aktivitas kita sendiri! Hasil buangan / limbah dari berbagai aktivitas manusia ini biasa disebut dengan Gas Rumah Kaca (GRK), seperti: NO, CO2, Sulfur dioksida (SO2), asam sulfat (H2SO4), klorofluorokarbon (CFC), metana, dll. Meskipun sebenarnya GRK dapat dihasilkan secara alamiah (ex: uap air) tapi jumlahnya tidak sebanding dengan GRK yg dihasilkan akibat aktivitas manusia. Karena gas2 ini tersebar luas keberadaannya di atmosfer, maka terjadilah suatu fenomena perubahan iklim yang bahasa kerennya kita sebut sebagai efek rumah kaca. Efek rumah kaca bisa dikatakan sebagai suatu proses atmosfer menghangatkan planet bumi yang terjadi akibat panas yang dipantulkan ke permukaan bumi terperangkap oleh gas-gas di atmosfer, sehingga tidak dapat diteruskan ke luar angkasa, melainkan dipantulkan kembali ke permukaan bumi. Efek rumah kaca memiliki manfaat bagi makhluk hidup di permukaan bumi, namun jika berlebihan justru dapat menimbulkan efek yg sebaliknya karena dapat mempengaruhi dan mengganggu iklim. Jadi, pengertian efek rumah kaca bukan maksudnya pemanasan global yg diakibatkan karena dibangunnya gedung2 berkaca, melainkan menganalogikan rumah kaca sebagai permukaan bumi. Karena pada realitasnya kaca merupakan benda yang dapat memantulkan cahaya. getoohh
Sumber: EH Denpasar (pembersihan area tanam)
Sumber: EH Denpasar (pembibitan mangrove)
Ada banyak dampak negatif loh yg dapat ditimbulkan dari perubahan iklim! Adanya fenomena ini menimbulkan permasalahan yg serius bagi ekosistem, meningkatkan masalah lingkungan dan tentu pada akhirnya dapat merusak kehidupan mahluk hidup. Fenomena efek rumah kaca menjadikan cuaca sulit untuk diprediksi dan bahkan menjadi lebih ekstrem, baik itu hujan ekstrem atau kekeringan ekstrem. Selain itu juga menyebabkan semakin tingginya air permukaan laut akibat mencairnya es di kutub yang akan menyebabkan tsunami dan banjir yang lambat laun tidak menutup kemungkinan pulau-pulau di dunia menjadi tenggelam. Salah satu dampak lainnya yg kita rasakan saat ini adalah smakin panasnya suhu permukaan bumi. Sering banget kaan ngeluh kepanasan, tapi heey sebenarnya semua itu karena ulah kita sendiri loh! hahaha
hmmm trus apa dong yang bisa kita lakukan untuk menyikapi kenyaatan ini agar tidak terjadi semakin parah ke depannya? Ada banyak kok! Mulai dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti: mengurangi konsumsi daging, menggunakan kendaraan bermotor seperlunya, membuat instalasi pengolahan limbah (khusus untuk daerah2 industri), membiasakan hidup hemat energi seperti mengurangi penggunaan barang elektronik, dan rutin melakukan penghijauan seperti menanam pohon. Mengapa pohon? Karena pohon dapat bertindak sebagai (1) Produsen (penyedia makanan) bagi mahluk hidup, (2) Menahan terjadinya laju air dan erosi (Akar pohon berfungsi meminimalisasikan terjadinya erosi tanah. Tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan), (3) Menjaga kesuburan tanah (bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun,  butir-butir airnya tidak langsung menimpa permukaan, tetapi ditahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi daya gerus air terhadap permukaan tanah yg mengandung humus), (4) Menghasilkan oksigen dan mengurangi karbondioksida (Oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida, dimana karbondioksida adalah gas yang sangat beracun. Bila berada dalam jumlah yang berlebihan, maka akan menimbulkan efek rumah kaca), (5) Mengurangi zat pencemar udara (Kegiatan pabrik banyak menghasilkan asap tebal yang pekat dan mengandung karbondioksida. Begitu pula, kegiatan pembakaran yang menggunakan bahan bakar minyak. Selain CO2, asap tersebut mengandung SO2 dan H2SO4. Zat-zat tersebut apabila bercampur dengan air hujan akan menghasilkan hujan asam yang membahayakan kesehatan kulit serta menimbulkan korosi. Disinilah peran daun dibutuhkan, karena daun berfungsi dalam menyerap GRK yg tersebar luas di lingkungan).
Ternyata berkebun tidak hanya dapat kita lakukan di daratan lohh, di bawah laut bisa juga kok! Hihi Mau tahu ceritanya? Intip postingan aku selanjutnya yah. Together we share, together we care. Semoga bermanfaat!
Sumber: EH Denpasar (penanaman mangrove)

December 19, 2015

Apa itu label BPA-free? 🌱

Hi #SobatTumbler, tahukah kalian? BPA atau bisphenol-A merupakan zat kimia sintetis yang biasa digunakan pada beragam produk konsumer diantaranya tumbler dan botol bayi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ikatan BPA yang tergolong tidak stabil dapat menyebabkan sejumlah kecil zat kimia ini terlepas ke dalam makanan atau susu formula yang menjadi isi suatu kemasan yang mengandung BPA. Dan pada akhirnya lepasan BPA ini kemudian dapat tertelan oleh manusia. Pelepasan zat kimia ini akan terjadi semakin banyak saat botol terkena panas seperti saat direbus atau disterilisasi.
Para ilmuwan menyebutkan bahwa BPA dapat menjadi senyawa “pengganggu hormon” karena berpotensi mengganggu fungsi normal dari sistem hormon, baik itu pada manusia maupun pada hewan yang menimbulkan efek merugikan pada kesehatan, reproduksi, perkembangan, serta masalah tingkah laku (behavioural).
Peneliti dari University of Cincinnati menemukan, eksposur terhadap air mendidih menyebabkan botol plastik polikarbonat melepaskan BPA hingga 55 kali lebih cepat dari air dingin atau air bertemperatur normal. Penemuan terbaru menunjukkan bahwa ada korelasi antara BPA dengan penurunan produksi sperma, penambahan berat prostat, dan kanker testis pada laki-laki. Sementara pada perempuan, BPA berpotensi mengakibatkan ketidaknormalan perkembangan endometrium yang dapat menyebabkan infertilitas serta meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Anak-anak, terutama bayi yang masih dalam kandungan dan bayi yang baru lahir, memiliki risiko yang paling besar terhadap bahan kimia tersebut. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang dapat berdampak selama periode emas pertumbuhan anak, meskipun akibatnya tidak langsung tampak.
Untuk menghindari atau meminimalisir dampak BPA pada tubuh, spesialis anak Dr. Steven Parker, memberikan beberapa tips, diantaranya:
    1. Hindari penggunaan botol polikarbonat yang mengandung BPA. Sebagai gantinya gunakan botol bebas BPA, atau botol yang terbuat dari gelas/kaca.
    2. Ketika membeli botol plastik, pilihlah botol yang menggunakan polypropylene/polyethylene, yang tidak keras dan tidak mengkilat.
    3. Carilah tanda “BPA-free” pada kaleng atau botol susu yang Anda beli.
    4. Hindari pemberian teether berbahan plastik/vinyl pada bayi.
    5. Hindari memanaskan makanan dalam wadah plastik karena dapat memicu pelepasan BPA. Sebagai gantinya, gunakanlah wadah gelas/kaca atau keramik.
    6. Cucilah botol dan wadah plastik dengan spons agar tidak merusak lapisan plastiknya.
    7. Belajar membaca kandungan dalam plastik. Singkirkan produk plastik yang mengandung bahan-bahan seperti DBP dan DEP, DEHP, DMP. 
    8. Jangan gunakan lagi botol plastik yang sudah tergores/rusak atau kusam.
Botol yang mengandung zat BPA sebenarnya telah dilarang penggunaannya di negara-negara maju. Larangan yang diberlakukan ini lebih ditujukan pada pihak produsen, dan mencakup larangan untuk memproduksi botol susu dan peralatan makan yang mengandung BpA, serta larangan untuk menjual dan mengimpornya. Trus gimana di Indonesia? Menurut Husna Muzahir dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), di Indonesia belum ada lembaga berwenang yang melakukan uji toksisitas terhadap BPA. Departemen Kesehatan RI sekalipun belum mengatur secara khusus soal botol susu atau perlengkapan makan untuk anak. Namun ada yang namanya SNI (Standar Nasional Indonesia) yang menjelaskan soal potensi migrasi dari kemasan ke makanan atau minuman. Dalam peraturan itu dijelaskan bahwa untuk meminimalkan potensi migrasi tersebut, makanan atau minuman panas sebaiknya tidak bersentuhan langsung dengan kemasan tertentu, terutama yang terbuat dari plastik.

Tips : Sebaiknya tumbler digunakan dalam jangka 1 tahun tapi kalau sudah tidak baik lagi dalam 6 bulan botol sudah boleh diganti.

Sekiaan guys. Semoga bermanfaat! :)