August 06, 2013

bertanggung jawab itu penting

Hey.. Maaf baru muncul yaa hahahhh Makluum.. Terlalu menikmati liburan dan kegiatan kampus nihh. Sampe-sampe lupa posting di blog. hehehe Kata "lupa" itu menurutku hampir-hampir mirip siihhh artinya sama males huahahahhh *gubraak* But it's okay right! wkwk

Anyway, ga kerasa ya liburan uda stengah jalan.. How's your holiday guys?? Uda ngelakuin apa aja nih buat ngisi liburan kalian? Part time kah? pergi pagi pulang pagi? wkwk traveling? atau mungkin ada yang buka usaha kecil-kecilan bareng temen2?? atauuu cuma diem di rumah melampiaskan hari-hari bareng film dan buku kesayangan kalian?? hmm
Kalo aku sih random, wkwk.. awalnya sempet baca novel2 gitu, trus nonton beberapa film, sempet crafting, hang out, kluar kota, dan sempet part time jugaa ..selain itu ikut acara kampus buat rapat-rapat persiapan mahasiswa baru sambilan ngerumpi gitudeh bareng temen2 kampus.. Nano-nano banget deh yaa hidupku wkwkwk

Yaa.. maklum laah. aku tipikal orang yang ga bisa having fun cuma di satu tempat, musti berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. eheheeee Selain punya kehidupan yang nano-nano ternyata tanpa disadari aku juga manusia yang primitif yaa smp musti nomaden gitu -__-" Bukan manusia primitif siihhh yaa :p Bahasa kerennya bilang aja mahluk sosial. Yep.. Mahluk yang gabisa hidup sendiri, selalu ngebutuhin orang lain untuk ngewarnain hari-harinya.. huahahahh But it's okay, it was excited! I really enjoyed it at all .. :D

Hmmm apapun yang kalian lakukan selama liburan, nikmati itu ya guys.. Kapan lagi kita bisa menikmati liburan yang teramat panjang ini.. Color your day! Lakukan sesuatu yang bermanfaat ya guys, cari kegiatan positif dan yang paling pentiiingg petik hikmah dari yang semua uda kalian lakuin selama liburan ini.. Dijamin deh kalian bakalan bisa memaknai arti kehidupan kalian! yaelah jadi ceramah! -_-

hmmm.. Aku mau sdikit sharing nih tentang masalah kuliah.. Langsung cerita aja yaa.. Jadi gini nih..Hari ini aku agak sebel sama kelakuan salah satu asdos mata kuliah praktikum kimia organik! Bukan hari ini sihh.. Uda dari kemarin kmarin hari sebenernya, tapi masih kepikiran sampe saat ini. Titik sebelnya itu ada pada hasil nilai akhir praktikum yang dikeluarin dosen. Loh, memangnya kenapa?? aku dapet C atau D ya??  bukan. trus letak permasalahannya dimana???

Jadi ginii.. di kelas itu ada temen yang dapet nilai C di matkul praktikum ini. Dan denger-denger nih temenku ini dapet C karna nilai laporannya ada yang bolong krna belom dikumpulin. Laporan itu kan dikumpulnya jadi satu tuh sama klompoknya masing-masing. Setelah kekumpul jadi satu baru deh dikasih ke asdos buat dinilai.. Nah. kebetulan temenku yang dapet C ini satu kelompok sama aku. Ya secara ngga langsung itu udah mengisyaratkan kalo nilai laporan ku juga ada yang bolong dongg.. what the....! (lanjutin sendiri)

Awalnya sih aku ngerasa itu cuma kabar burung biasa, ga mungkin banget kan nilai bisa ga ada.. Soalnya kemungkinan laporan buat ga ada nilainya itu kecil banget. Jelas-jelas waktu itu aku kumpul di depan asdosnya sendiri. Lain halnya kalo laporan yang dikumpul dihilangin, ya kemungkinan buat adanya nilai bolong besar bgt pastinya -_- Tapi entah kenapa dari hari ke hari perasaan ketidak terimaan sama nilai yang aku dapetin itu semakin menjadi-jadi. Pengen banget tau dimana letak jatuh dan permasalahannya ..

Akhirnya pagi itu ( hari senin kalo ga salah ) aku dengan rasa penasaranku pergi ke kampus dan langsung menuju TKP (tempat rekabpitulasi nilai). Yep. TU! Dan puji tuhan *pakebanget!* waktu itu ada dosen praktikum kimor (Bu Puspa) lagi duduk anteng sambil baca koran.. (Mengingat bulan ini bulan-bulan liburan, jarang banget ada dosen yang mau ke kampus buat sekedar duduk-duduk.) Yang lebih beruntungnya lagi nih si ibu bawa data nilai-nilai praktikum anak satu kelas waktu itu.. Kayanya hari itu emang saat yang tepat banget buat mastiin kebenarannya. Setelah aku ngejelasin yang terjadi, langsung aja si ibu ambil flashdisk birunya trus dicolokin k laptop.. Daaannn akhirnyaa terungkaplah kebenarannya ! kabar burung yang ada itu ternyata emang kenyataan. Setelah aku check dan lihat secara seksama, aku cukup terkejut. Whaaatt? Dari 5 laporan yang uda aku buat cuma 3 laporan yg terkumpul? That's why nilai praktikum kecil! -__- Dan yang lebih parahnya lagi hal itu ngga cuma terjadi sama kelompokku aja, bahkan klompok lain juga.. Bahkan nilai mereka ada yang lebih banyak bolongnya! Si ibu emang bilang, dia engga tau sama keadaan ini. Dia kira itu semua karena ulah kemalasan kita.. Kita yang dituduh ngga buat laporan. diih -__- What's kinda accusation she said ? -__- Mencoba buat protes dan mencari pembelaan ternyata sia-sia.. Si ibu bilang ga bisa berbuat apa-apa. Dia cuma ditugaskan buat merekap nilai, selebihnya diserahkan kepada asdos. Arrgghh i hate that words! Siapa lagi yang perlu disalahkan kalo uda kaya gini???

Oke. aku akuin mereka asdos, mereka pintar. Tapi kalo pintar ngga dibarengi dengan rasa tanggung jawab ga ada artinya sama sekali. Hhhh Saat itu aku cuma bisa dieem. Marah, jengkel, kesel rasanya campur aduk jadi satu. Mau ngelampiasin kemarahan juga ga bisa, sama siapa lagi. Karena ga ada si asdos wktu itu! Yaa, satu2nya cara cuma bisa nerima kenyataan. Sebel banget sih emang.. Mau protes juga salah, ga ada bukti. Laporan uda ngga kepegang sama tangan sendiri lagi masalahnya, jadi dosen gabisa percaya gitu aja.. Kalo mau ulang bikin laporan?? itu lebih engga mungkin lagi, sama aja kita ngulang praktikum. Musti ke lab lagi buat eksperimen. arrgh. Tapi kalo diikhlasin rasanya juga sayang banget. Rasanya ngga sebanding sama perjuangan yg udah dilakuin sbelumnya..Buatnya ga tidur-tidur maann.. miris bgt! TT

hmm kalo diantara kalian yang saat ini lagi baca postingan ini dan mungkiiinnn saat ini sedang menyandang gelar sebagai asdos, lebih bertanggung jawablah terhadap apa yang kalian kerjakan yaa :) Jadikanlah gelar itu sebagai suatu kebanggaan dan teladan bagi adik-adik kelas kalian. Belajarlah untuk menghargai hasil usaha orang lain.. Jika kalian bisa menghargai orang lain, maka orang lain pun tidak menutup kemungkinan akan melakukan hal yang sama terhadap kalian ^^
udahan dulu ya guys sharingnya..

Salam manis buat kakak-kakak asdos praktikum kimor xx.